Cara Berhenti Membandingkan Diri Anda Dengan Pesenam Lain
Stick It Girl Blog

Cara Berhenti Membandingkan Diri Anda Dengan Pesenam Lain

Perbandingan adalah respons alami yang membantu kita, sebagai manusia, mengetahui posisi kita. Di masa pra-sejarah, kami menggunakan perbandingan untuk menilai tingkat kelangsungan hidup kami dengan cepat.

Apakah singa itu atau manusia gua lain lebih kuat dariku? Jika demikian, bagaimana saya bisa bertahan hidup tanpa berjuang? Apakah saya perlu lari? Bersembunyi?

Perbandingan dan penilaian bawaan ini diperlukan untuk bertahan hidup.

Namun, di zaman modern dan terutama di dunia senam, perbandingan sering dilakukan secara ekstrem.

Pesenam dapat membandingkan diri mereka dengan rekan satu tim mereka dan pesaing lain untuk melihat di mana mereka berdiri. Mereka mungkin menggunakan indikator seperti tipe tubuh yang berbeda, tingkat fleksibilitas, jumlah kekuatan, usia, tingkat keterampilan, dan disukai oleh pelatih dan rekan satu tim.

Dan sementara perbandingan tidak selalu merupakan hal yang buruk, itu menjadi masalah ketika perbandingan itu membuat Anda, sebagai pesenam, merasa kurang dari layak.

Di satu sisi, perbandingan dapat memotivasi Anda. Anda mungkin melihat rekan satu tim Anda mempelajari keterampilan dengan cepat dan memutuskan untuk bekerja lebih keras sehingga Anda juga dapat mempelajari keterampilan yang sama. Ini adalah saat perbandingan dapat memberi tahu Anda di mana Anda berdiri dan memberi Anda dasar tentang apa yang mungkin bagi Anda dalam senam.

Tapi perbandingan juga bisa negatif. Jika Anda terus-menerus mencari rekan satu tim yang lebih muda dari Anda dan lebih baik dari Anda, atau yang memiliki keterampilan yang belum Anda miliki, Anda dapat membiarkannya menguasai pikiran Anda.

Dan pada akhirnya perbandingan ini dapat menurunkan kepercayaan diri dan harga diri Anda. Ini juga dapat mengalihkan fokus Anda dari apa yang perlu Anda pikirkan dalam senam. Belum lagi melelahkan secara mental untuk selalu berada dalam mode perbandingan ini!

Jadi bagaimana Anda berhenti membandingkan diri Anda dengan rekan satu tim Anda dalam senam?

Berikut adalah beberapa tips.

1. Pakai penutup matamu

Apakah Anda tahu penutup mata yang dipakai kuda saat mereka berlomba untuk membuat mereka tetap fokus pada balapan mereka? Saya ingin Anda membayangkan Anda mengenakan penutup mata Anda sendiri setiap kali Anda pergi ke gym.

Dalam benak Anda, pikirkan tentang penutup mata kulit ini yang mencegah Anda terganggu dengan tidak mengizinkan Anda memindai ruangan dan melihat apa yang dilakukan orang lain.

Ini hanya gambaran visual tetapi berfungsi sebagai pengingat bagaimana Anda ingin mendekati latihan dan kompetisi. Anda tidak harus memindai ruangan dan menonton orang lain. Jika Anda mendapati diri Anda melakukan itu, ucapkan “penutup mata” kepada diri sendiri dan bayangkan diri Anda seperti kuda yang mengenakan penutup mata yang menghalangi penglihatan tepi Anda.

2. Fokus pada kekuatan Anda sendiri

Ketika Anda membandingkan diri Anda dengan pesenam lain, Anda cenderung kehilangan fokus pada kekuatan Anda sendiri. Di sisi lain, ketika Anda dengan sengaja memilih untuk fokus pada hal-hal yang membuat Anda unik, Anda berhenti mencemaskan apa yang dimiliki setiap pesenam lain yang tidak Anda miliki.

Sebaliknya, Anda belajar untuk memercayai kekuatan Anda sendiri dan bekerja lebih keras untuk membuatnya menonjol.

Jadi tanyakan pada diri Anda apa yang membuat Anda unik. Temukan kualitas yang Anda miliki yang benar-benar Anda kuasai atau yang membuat Anda menjadi pesenam yang baik.

Jika Anda tidak dapat mengetahui kekuatan atau kualitas unik Anda, tanyakan kepada orang tua atau teman dekat Anda. Seringkali Anda tidak mengenali kekuatan dalam diri Anda karena Anda baru saja menerima hal-hal itu sebagai bagian dari siapa Anda. Tetapi ketika Anda dapat bertanya kepada orang lain, Anda mungkin akan terkejut dengan kekuatan apa yang mereka perhatikan tentang Anda.

3. Kenali kritik batin Anda yang berbicara

Kita semua memiliki kritik batin yang membombardir kita dengan pikiran negatif. Dan jika Anda mendengarkan kritik batin negatif Anda sepanjang waktu, Anda akan terus-menerus merasa bahwa Anda tidak cukup baik.

Kritikus batin negatif kami adalah sesuatu yang melayani kami dengan baik ketika kami perlu menjaga diri kami dari bahaya di era manusia gua. Itu memberi tahu kami apa yang perlu kami perbaiki tentang diri kami sendiri; apa yang perlu kita lakukan untuk membuat diri kita lebih kuat dan lebih beradaptasi dengan baik untuk bertahan hidup. Itu benar-benar “survival of the fittest” dan kritikus batin kami ada di sana untuk membantu kami memperbaiki kelemahan kami.

Namun saat ini kita tidak membutuhkan kritik batin kita lagi karena kelangsungan hidup kita tidak bergantung padanya. Faktanya, yang terjadi adalah kebalikannya. Kelangsungan hidup kita tergantung pada kita membungkam kritik batin kita.

Langkah pertama, kemudian, adalah mengenali kapan kritikus batin Anda berbicara. Setelah itu, Anda dapat mempelajari cara mematikannya dan menyuruhnya diam.

4. Belajar bersaing dengan diri sendiri daripada orang lain

Ketika Anda fokus ke dalam dan belajar bersaing dengan diri sendiri, Anda akan jauh lebih puas daripada ketika Anda terus-menerus membandingkan diri Anda dengan pesenam lain.

Faktanya, Anda secara alami akan mulai kurang membandingkan diri Anda dengan orang lain ketika Anda bersaing dengan diri sendiri karena Anda terlalu sibuk berusaha mencapai tujuan Anda sendiri.

Untuk melakukan ini, Anda dapat mulai dengan menetapkan tujuan proses kecil setiap minggu. Sasaran-sasaran ini akan membuat Anda tetap fokus pada peningkatan yang perlu Anda lakukan dan akan membuka jalan bagi perjalanan penemuan diri.

Sering dikatakan bertujuan untuk menjadi 1% lebih baik setiap hari. Saya pikir ini adalah tujuan yang bagus untuk dimiliki. Selalu berusaha untuk melakukan yang lebih baik dari yang Anda lakukan pada latihan atau kompetisi sebelumnya. Itu tidak selalu berjalan dengan baik tetapi tujuan Anda harus selalu tetap sama – tantang diri Anda untuk mempelajari keterampilan baru atau menyempurnakan keterampilan yang Anda lakukan saat ini.

Jika Anda membawa ini ke dalam pertemuan, Anda akan sering melakukan lebih baik dari yang Anda harapkan karena Anda tidak begitu fokus pada pesaing Anda. Ingatlah untuk menetapkan tujuan proses seperti meningkatkan bentuk, kekuatan, atau pola pikir Anda. Jika Anda fokus pada skor atau tempat maka Anda akan kembali bersaing dengan orang lain.

5. Waspadai pemicu dan hindari pemicunya

Apakah Anda terus-menerus membandingkan diri Anda dengan pesenam lain yang Anda lihat di media sosial? Jika demikian, maka inilah saatnya untuk membatasi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk bersosialisasi.

Sangat mudah untuk menonton sorotan setiap pesenam lain daripada melihat perjuangan mereka sehari-hari yang NYATA. Tidak ada yang suka berbagi saat-saat sulit itu. Jadi ingatlah bahwa ketika Anda menggunakan TikTok atau Instagram dan lihat semua rutinitas dan keterampilan luar biasa yang dilakukan pesenam lain. Anda benar-benar tidak tahu apa yang diperlukan pesenam itu untuk mencapai posisi mereka dalam video yang mereka tunjukkan kepada dunia.

Apakah Anda menghabiskan banyak waktu di ember kapur mengobrol atau bergosip tentang pelatih atau rekan tim Anda? Jika demikian, ini adalah sesuatu yang harus Anda hindari. Jelas pastikan Anda mendapatkan kapur, hanya saja, jangan terlibat dalam gosip di gym.

Atau mungkin Anda menghabiskan banyak waktu menonton Level 9 atau 10 di gym, ingin menjadi seperti mereka suatu hari nanti tetapi merasa sangat buruk bahwa Anda belum mencapainya. Jika ini membuat Anda kesal atau frustrasi, maka berhentilah melakukannya!

Sangat penting untuk mengetahui hal-hal yang paling memicu Anda dan menghindarinya dengan cara apa pun.

6. Hitung berkatmu

Ketika Anda mengungkapkan rasa syukur atas apa yang Anda miliki, Anda tidak merasa perlu membandingkan diri Anda dengan orang lain. Menghitung berkat Anda membantu Anda merasa seperti Anda memiliki semuanya. Belum lagi rasa syukur telah terbukti meningkatkan kepuasan dan kebahagiaan hidup secara keseluruhan.

Ketika Anda merasa baik, Anda tidak merasa perlu membandingkan diri sendiri.

Anda mungkin menyemangati rekan setim Anda atau mengagumi keterampilan yang dapat dilakukan pesenam lain, tetapi Anda tidak iri pada mereka saat Anda menghitung berkat Anda. Anda tahu ada banyak hal baik untuk dibagikan kepada semua orang dan Anda puas dengan semua berkat yang Anda miliki dalam hidup Anda.

Jadi, lain kali Anda mendapati diri Anda membandingkan diri Anda dengan rekan satu tim Anda dan merasa buruk tentang diri Anda sendiri, temukan sesuatu untuk disyukuri pada saat itu. Ini akan segera mengalihkan fokus Anda dari rekan setim Anda dan beralih ke semua hal baik yang ada untuk Anda.

7. Membingkai ulang

Jika Anda membandingkan diri Anda dengan rekan satu tim Anda, pelajari cara membingkai ulang pemikiran Anda. Membingkai ulang melibatkan menemukan cara baru untuk melihat sesuatu yang membuat Anda merasa negatif.

Katakanlah rekan setim Anda baru saja mempelajari tkatchev-nya di bar dan Anda telah mencoba melakukannya SELAMANYA dan masih tidak bisa melakukannya. Anda mungkin langsung merasa iri dengan rekan setim Anda atau berharap Anda adalah dia.

Ketika Anda membingkai ulang situasi ini, Anda malah memutuskan untuk melihat kesuksesan rekan setim Anda sebagai alasan mengapa Anda bisa melakukannya juga. Anda membingkai ulang negativitas Anda menjadi sesuatu yang lebih memotivasi dan positif.

Membingkai ulang juga dapat membantu ketika Anda melihat pesenam lain melakukan keterampilan yang lebih sulit daripada Anda. Anda mungkin dapat mengatakan hal-hal seperti “Dia pasti telah bekerja sangat keras untuk keterampilan itu” atau “Waktu saya akan tiba.”

Semakin Anda dapat mengubah perspektif Anda dari negatif menjadi penuh harapan, semakin sedikit Anda memikirkan kebutuhan untuk membandingkan diri Anda dengan pesenam lain.

8. Jadilah teman terbaik Anda sendiri

Ketika kita masuk ke dalam permainan perbandingan, kita sering mulai mengatakan hal-hal yang sangat negatif kepada diri kita sendiri. Anda mungkin marah pada diri sendiri ketika melakukan kesalahan atau gagal dalam sesuatu. Atau Anda mungkin mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak cukup baik atau bahwa Anda tidak akan pernah mendapatkan keterampilan itu. Anda melakukan ini karena Anda memiliki kebutuhan untuk menjadi sebaik orang-orang di sekitar Anda dan itu menyebabkan Anda menjadi lebih kritis terhadap diri sendiri.

Sebaliknya, ketika Anda bisa belajar bagaimana memperlakukan diri sendiri seperti Anda memperlakukan sahabat Anda, Anda bisa berhenti terlalu khawatir tentang bagaimana Anda dibandingkan dengan rekan satu tim Anda. Dan sebaliknya, Anda dapat fokus pada belas kasih dan kebaikan yang akan Anda berikan kepada rekan satu tim Anda jika dia berada dalam situasi seperti itu.

Selalu ingat untuk memperlakukan diri Anda dengan kebaikan, terutama pada saat-saat yang sangat sulit. Saat itulah Anda akan mendorong sahabat Anda atau memberinya dorongan kepercayaan diri. Ketika Anda dapat melakukannya untuk diri sendiri, Anda akan lebih mudah untuk bangkit kembali dari segala jenis perbandingan negatif yang mungkin Anda buat.

Membandingkan diri sendiri adalah konsekuensi alami dari menjadi manusia. Tapi ingatlah bahwa sebagai pesenam Anda mungkin lebih cenderung membandingkan diri Anda dengan pesenam lain karena sifat olahraga ini. Beberapa cara untuk berhenti membandingkan diri sendiri adalah dengan menutup mata, fokus pada kekuatan Anda sendiri, mengenali kapan kritikus batin Anda berbicara, dan belajar bersaing dengan diri sendiri alih-alih orang lain.

Anda juga harus menyadari pemicu apa pun dan menghindarinya, menghitung berkat Anda saat ini, membingkai ulang perasaan perbandingan Anda, dan belajar bagaimana menjadi sahabat Anda sendiri.

—–

Jika Anda atau pesenam Anda membutuhkan dukungan, selain sumber daya di bawah ini, saya juga menawarkan sesi pelatihan satu lawan satu melalui Zoom.

Tautan Bermanfaat:

Togel singapore online merupakan permainan judi togel hari ini dengan pemain aktif paling banyak di Indonesia. Keamanan bermain judi togel singapore online sendiri sebetulnya sudah dianggap oleh para pemain. Terlebih bersama dengan menjadikan bandar pengeluaran sidney terpercaya di Indonesia sebagai daerah bermain. Togelmania mampu memenangkan sejumlah keuntungan yang cukup menggiurkan. Dengan menawarkan sejumlah permainan togel singapore yang semakin beragam, Para togelers termasuk tidak akan suntuk cuma menebak angka singapore yang serupa tiap-tiap hari. Karena setiap permainan yang disajikan ini punyai syarat kemenangan yang berbeda. Sehingga tidak mengherankan togel singapore selalu di sediakan oleh semua web judi togel online di Indonesia.